Kreatif & Inovatif

kata kunci kegagalan adalah "HAMPIR", kata kunci motivasi adalah "NANTI", kata kunci sukses adalah "SEKARANG"

Membaca Spesifikasi Ban

Dinding ban Anda, yang dikenal dengan nama “sidewall”, berisikan semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengenal ban Anda. Semua ban diwajibkan menyediakan informasi ini.

Chart Peringkat Kecepatan

Tingkat Kualitas Ban: Uniform Tire Grading System atau UTGS

Keausan Telapak Ban

Daya Cengkeram

Temperatur

“Tire Type” memberitahu Anda untuk kendaraan jenis apa ban ini dibuat. “P” berarti ban ini dibuat untuk kendaraan pengangkut penumpang. “LT” berarti ban inidibuatuntuk

light truck” atau kendaraan pengangkut barang yang tidak terlalu besar seperti pick-up .

“Tire Width” memberitahu Anda ukuran ban diukur dari dinding yang satu ke dinding yang lain. Dalam contoh ini misalnya, lebar ban adalah 215 milimeter.

“Aspect Ratio” adalah perbandingan antara tinggi ban dan lebarnya. Dalam contoh ini 65 berarti tinggi ban adalah 65% dari lebar ban.

“Construction” memberitahu Anda bagaimana ban ini dirakit. “R” berarti “radial”, yang berarti bahwa benang-benang ply di tubuh ban ini yang merupakan lapisan yang membentuk badan dari ban, menutupi seluruh ban dari bead ke bead . “B” berarti bahwa ban ini termasuk jenis “bias construction”, yang berarti bahwa benang-benang ply dirajut secara diagonal melintasi ban dari bead ke bead, dengan arah lapisan silih berganti agar saling memperkuat.

“Wheel Diameter” adalah lebar velg dari satu ujung ke ujung yang satu lagi. Diameter untuk velg ini adalah 15 inci.

“Load Index” adalah angka yang menginformasikan beban maksimum dalam kilogram yang dapat dipikul oleh sebuah ban bila tekanan udaranya tepat. Anda bisa juga menemukan angka beban maksimum dalam kilogram dan pon di tempat lain di dinding samping ban.

“Speed Rating” memberitahu Anda kecepatan maksimum untuk ban. “H” berarti bahwa ban tersebut dapat dipakai untuk kecepatan maksimum 210 kilometer per jam. Ingatlah bahwa peringkat ini hanya dimaksudkan untuk mengindikasikan kapabilitas kecepatan ban, dan sama sekali TIDAK DIANJURKAN bahwa Anda melampaui batas-batas kecepatan legal yang tertera di rambu-rambu lalu lintas. Selalu perhatikan batas-batas kecepatan yang diperbolehkan.

Chart Peringkat Kecepatan

Pabrik ban biasanya menyediakan banyak ban dalam versi kecepatan tinggi untuk mengimbangi kemampuan mobil-mobil tercepat di dunia. Secara umum dianjurkan agar setiap kali Anda harus mengganti ban untuk kecepatan tinggi Anda menggunakan ban dengan kapabilitas yang sama atau lebih tinggi lagi.

Bila mobil Anda dilengkapi dengan ban-ban dengan sertifikasi peringkat kecepatan maksimum yang berbeda-beda, maka kecepatan maksimum dibatasi oleh sertifikasi kecepatan maksimum yang dimiliki ban dengan peringkat kecepatan paling rendah di mobil itu.

Peringkat kecepatan tidaklah menunjukkan seberapa baik ban itu bekerja ataupun berbelok. Peringkat kecepatan hanya menjelaskan kemampuan ban itu bertahan dalam kecepatan tinggi.

“DOT” berarti bahwa ban ini mematuhi semua standar keselamatan yang diterapkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat. Di sebelah DOT terdapat identifikasi atau nomor seri, yaitu kombinasi angka dan huruf sebanyak 12 digit.

“UTQG” adalah singkatan dari “Uniform Tire Quality Grading”, yaitu sistem peringkat kualitas yang dikembangkan oleh Departemen Transportasi (DOT) Amerika Serikat.

Tingkat Kualitas Ban: Uniform Tire Grading System atau UTGS

Di luar ban-ban untuk jalanan bersalju, Departemen Transportasi mewajibkan semua pabrik ban menentukan tingkat kualitas ban untuk mobil penumpang berdasarkan tiga faktor kinerja, yaitu keausan telapak, daya cengkeram dan ketahanan terhadap temperatur tinggi. Daftar

Keausan Telapak Ban

  • Di atas 100 – lebih baik
  • 100 – Baseline
  • Kurang dari 100 – lebih buruk

Angka keausan telapak ban adalah peringkat komparatif berdasarkan tingkat kecepatan keausan ban ketika diuji di bawah kondisi yang dikontrol di track pengujian milik pemerintah. Angka 200 mengindikasikan bahwa ban itu akan dua kali lebih cepat mengalami keausan dibandingkan dengan ban yang mendapat angka 100 dalam track pengujian milik pemerintah. Seberapa lama Anda dapat menggunakan ban Anda tentulah tergantung pada kondisi-kondisi di mana Anda menjalankan kendaraan Anda dan juga dapat berbeda-beda sesuai dengan kebiasaan mengemudi Anda, kebiasaan merawat ban, perbedaan karakter jalan dan iklim. Catatan: Angka keausan telapak ban hanya berlaku sebagai perbandingan saja di antara lini-lini produk pabrik ban yang sama. Angka ini tidak berlaku dalam membandingkan produk-produk dari pabrik yang berbeda.

Daya Cengkeram

  • A – Paling baik
  • B – Sedang
  • C – Cukup

Grade daya cengkeram memperlihatkan kemampuan ban untuk stop di permukaan jalan yang basah diukur di bawah kondisi yang dikontrol dan di atas track pengujian khusus dengan permukaan aspal dan beton yang dimiliki pemerintah. Grade daya cengkeram ini didasarkan pada pengujian pengereman dengan “kemudi lurus ke depan,” Grade ini tidak mencerminkan kemampuan ban mencengkeram jalan ketika berbelok.

Temperatur

  • A – Terbaik.
  • B – Sedang
  • C – Cukup

Grade temperatur mengindikasikan kemampuan ban bertahan terhadap temperatur yang dihasilkan pada waktu diuji di bawah kondisi yang dikontrol di laboratorium dalam ruang khusus dengan menggunakan velg pengujian. Temperatur yang terus-menerus tinggi dapat menyebabkan material dalam ban mengalami kerusakan dan usianya menjadi pendek. Temperatur yang berlebihan dapat menyebabkan ban tidak bisa dipakai lagi.// //

Filed under: SMART BIKERS, ttandem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: