Kreatif & Inovatif

kata kunci kegagalan adalah "HAMPIR", kata kunci motivasi adalah "NANTI", kata kunci sukses adalah "SEKARANG"

Proses Lahirnya “Si Jabang Bayi” ttandem

bayi Layaknya seorang bayi yang akan lahir, ada persiapan khusus yang disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. ada baju, nama, tempat kelahiran, bahkan rumah mungkin. Demikian saya pun mempersiapkan kelahiran sebuah produk baru yang merupakan buah tangan yang terlahir karena inspirasi dari rutinitas baru saya mengantar-jemput anak pertama saya yang mulai duduk di bangku kelas 1 SD tahun ini.
Berangkat dari konsep, selanjutnya mengerjakan hal-hal yang mudah terlebih dahulu sambil terus menggali inspirasi mau seperti apa bentuknya, sistem produksi, sistem penjualan, dll. Pertama yang paling mudah dan murah adalah nama. Nama harus mewakili kharakteristik produk, bawa hoki, mudah diingat. Saya memilih ttandem (dengan dobel t) kenapa dobel t ? karena tandem sudah ada yg memakai dan terasa lebih unik. ttandem terasa memiliki aura hoki yg kental (berdasarkan intuisi lho!) dan kedepannya saya akan membuatkan web dengan nama itu. progress ke depannya akan lebih berfokus ke toko online.


Ke depan terutama di Indonesia, adalah era toko online. Geliatnya mulai sangat terasa sekarang, semua serba dot com. bla..bla.. dot com. Mulai dari berita, TV, sayuran, makanan, perusahaan besar kecil semua pakai dot com. Bahkan cari teman juga pakai dot com, yang paling fenomenal adalah facebook, konon anggotanya sudah sampai 200jt lebih dan terus bertambah. Kalau mau review ke belakang, sekitar 5 tahun lalu kata “dot com” masih terasa asing. Saya memprediksi seiring boomingnya “dot com” akan merebak ke semua urat nadi kehidupan termasuk dalam cara orang bertransaksi. Belanja di situs belanja “dot com” akan menjadi keniscayaan dan kebiasaan.
Nama sudah dapat langkah selanjutnya adalah mulai meng-create produk. Mentransfer “bentuk” yang ada di khayalan Saya ke dalam bentuk nyata. Agak susah dalam tahap ini, pertama karena kurun waktu lebaran ini, saya kesulitan mencari bahan baku toko-toko sebagian besar tutup. Akhirnya dengan bahan kertas Saya berhasil menghadirkan imagi saya ke dalam bentuk nyata.
Tahap selanjutnya saya langsung setting ke pemasaran, untuk produksi saya menunggu sampai lebaran usai dan toko-toko buka normal kembali. Saya mempersiapkan dua buah blog untuk mendukung pemasaran online. Tapi sementara pakai weblog dulu, melalui blog ini dan ttandem.wordpress.com. sambil belajar seluk beluknya wordpress. kalau sudah mateng nanti tinggal beli domain hosting untuk isi pake format wordpress, bahkan bisa ditambahkan fitur-fitur yg labih canggih, beres. Lini pemasaran lain yg potensial adalah memanfaatkan jaringan yang sudah terbentuk, dari jaringan TDA, teman-teman blog yg sudah eksis duluan (numpang iklan) dan kopkar tempat dulu saya kerja. Di kopkar aja ada sekitar 2000 orang calon konsumen, wah pasar potensial nih.
Mulai besok (Selasa, 22/9) untuk produksi saya sudah bersiap-siap hunting bahan baku, terutama bahan yang ada ditangan saya sekarang ini, saya juga gak tahu namanya sebagai gambaran bahanbaku ini biasanya dipakai untuk lengan tas. Ini adalah bahan baku pokoknya.

Secara karakteristik, ttandem cocok dipasarkan dengan sistem online. Produk ini belum ada dipasaran, dengan target market yg spesifik dikalangan bikers (pengendara sepeda motor..kepanjangan). Sangat menjanjikan pasarnya, karena, saya yakin Anda juga setuju, bahwa sekarang ini hampir setiap keluarga sekarang memiliki motor. Saya sudah cek di mbah google ternyata lumayan banyak komunitas motor yang online, ini juga celah, saya bisa masuk lewat situ untuk memasarkan ttandem. Ada satu blog yg bagus trafiknya sayang sekarang sudah tidak diurus yaitu kafemotor.wordpress.com. Ini menunjukan bahwa peminat orang indonesia akan blog mengenai motor tinggi.
Lini pemasaran lainnya lagi adalah dengan titip jual di toko aksesories yang banyak menyebar di pinggir-pinggir jalan. Rencananya saya kan bekali dengan banner yg atraktif dan menarik, harga banner/spanduk digital sekarang sudah murah!
danlain-lain dan lain-lain yang menunggu digarap satu-persatu.
Mohon doa restu dari semuanya untuk kesuksesan saya dengan ttandem.

Filed under: INSPIRASI, SMART BIKERS, ttandem

Tinggalkan Balasan

