Kreatif & Inovatif

kata kunci kegagalan adalah "HAMPIR", kata kunci motivasi adalah "NANTI", kata kunci sukses adalah "SEKARANG"

Menunda

lucky_luke_2Menunda kata orang sih kebiasaan yang jelek dan tidak bermanfaat. Tapi saya punya pengalaman unik mengenai ini.Yang bikin untung sekaligus bikin buntung.

Ceritanya begini, Warnet Saya yang di Bekasi dibobol maling, kejadiannya kemarin Rabu tgl 17 Sept 2009. Memang sudah sekitar hampir sebulan di Warnet tidak ada yang meniduri. Saya pikir karena pertimbangan inilah warnet yang saya yang dijebol. Padahal disekitar ada warnet yg lebih besar dan mewah. Canggih maling ini, Folding gate yg saya gembok dg 4 gembok besar-besar bisa dibuka tanpa meninggalkan jejak kekerasan, rapi. sehingga tetangga kiri kanan yang sempat melihat aksi mereka sama sekali tidak menaruh curiga.Kata tukang cukur di seberang jalan, mengira Saya sedang mengamankan komputer, karena akan ditinggal mudik.

Masih rada beruntung, yg keambil cuma 3 PC. Rupanya kedatangan anak-anak yang pada mau main game mengusik kawanan maling ini dan memutuskan menyudahi aksi mereka. Jadi sekitar jam 06.30 pagi ada serombongan anak-anak (sekitar 5 orang) yang biasa main game di warnet saya. Salah satu anak ini bertanya apa warnet sudah buka, tapi diusir oleh maling itu.

Kalo ditaksir sih, untuk mengganti 3 pc yang diambil maling Saya harus mengeluarkan uang minimal 7.5 juta dengan perkiraan 1 pcnya 2.5jt. Duh Gusti, mana mau lebaran. Tahu sendiri kebutuhan meningkat tajam ketika menghadapi puasa dan lebaran. Tapi, Saya berusaha tegar dan optimis pasti ada hikmah dan Gusti Allah pasti mengganti dengan yang lebih.

Ini berawal dari keputusan Saya menunda mengganti operator saya yang awal puasa mengundurkan diri. pertimbangannya salah satunya karena sudah dekat lebaran, agak sulit cari orang yang mau menginap di warnet. Yah.. nasi sudah jadi bubur.

Sekitar seminggu sebelum kejadian, ada salah seorang pelanggan yang titip laptopnya untuk diservis. Biasanya memang saya nyambi terima order servis, desain, kartu nama, atau banner. Karena kerusakannya ada di  Motherboardnya setelah dapat persetujuan dari yang punya Saya bawa ke servis center resminya. Seharusnya saya ambil laptop itu sehari sebelum tanggal kejadian, tepatnya selasa 16 sept 2009. Si pemilik laptop ke warnet Saya semalem (rabu malam) menanyakan laptopnya. Dengan perasaan beruntung, saya menceritakan musibah yang menimpa Saya.

Saya merasa beruntung menunda mengambil laptop yg sudah selesai servis itu. Jika waktu itu saya sudah ambil laptop itu dan saya simpan di warnet sampai si pemilik data pada rabu malam. Bisa dipastikan laptop itu pasti ikut digasak maling yang beraksi hari rabu pagi yang naas itu. Dan saya harus mengganti laptop itu, harga laptop itu yang jelas di atas 5 jt-an.

Yah… hidup memang harus seperti ini, sangat kondisional. Keputusan yang menunda yang Saya buat menguntungkan sekaligus juga bikin buntung. bayak pelajaran berharga yang saya resapi dari sepenggal musibah yang menimpa. Saya pun jadi merenung, musibah ini semacam teguran agar saya koreksi diri mungkin kemarin-kemarin Saya kurang beramal, banyak mengecewakan pelanggan, ada yg bukan hak saya ikut “termakan”, atau yang lain yang memerlukan perbaikan.

Semoga bermanfaat…

Salam funtastic…

Mukti

muktiprayitno@gmail.com

https://prayitnomukti.wordpress.com

http://ttandem.wordpress.com

http://www.facebook.com/muktiprayitno

http://www.facebook.com/pages/ttandem

Filed under: INSPIRASI

Tinggalkan Balasan

