Kreatif & Inovatif

kata kunci kegagalan adalah "HAMPIR", kata kunci motivasi adalah "NANTI", kata kunci sukses adalah "SEKARANG"

Bisnis Kreatif : Pecel Lele Lela

“Saya lebih senang anak saya menjadi orang kreatif dari pada orang pintar. Karena orang kreatif akan bisa bertahan dalam semua keadaan’ (Ahmad “DEWA 19″ Dhani)
Setuju, sekali ini saya sependapat dg pentolan grup Dewa 19. Ide Kreatif adalah ide yg “Out Of The Box”, nyleneh, unik, aneh, gila, lain dari pada yg, lain beda dari yg sudah ada.

Seperti yg satu ini,

foto01621


Pemilik pecel lele Lela, Rangga Umara adalah orang borju (boros juga), nongkrongnya aja di starbuck. Tapi makananan  favoritnya adalah pecel lele, Nah suatu saat ceritanya dia sedang hangout di starbuck tapi kelaperan, pengin makan pecel lele, tapi  di starbuck tidak jual pecel lele, ahaa.. jadilah pecel lele lela yang logonya nyontek abis starbuck,  It’s oke, ngga masalah! Saya termasuk orang yg melegalkan nyontek. Untung saya gak jadi guru ya! dan sebagian isi blog ini juga nyontek.

Sorry mas Umara, bukan bermaksud melecehkan, saya cuma mau bilang, dalam proses kreatifitas nyontek bisa menjadi sumber inspirasi, bahasa kerennya ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dan Pecel lele Lela melakukan ATM dengan sempurna. Hebat! So, kalau nyontek jangan sama plek, idenya aja yg diambil selanjutnya digabung dengan ide liar kita, jadilah sebuah produk atau varian baru.

Lebih jauh masuk ke dalam ranah bisnis, kreatifitas adalah salah satu kunci suksesnya. Sejarah sudah membuktikan itu, mau bukti ?

Teh Botol  dan  Aqua adalah bukti  nyata yg kita temui dikeseharian. Ide mengemas teh ke dalam botol untuk dijual, pertamanya ditertawai orang, dianggap konyol. Apa iya jualan teh dibotolin laku ? Tapi waktu sudah mencatat kesuksesan Teh Botol, bahkan membuat perusahaan sekelas CocaCola Company aja klimpungan menyainginya.

Lebih gila lagi adalah Aqua, cuma air putih dibotolin terus dijual dengan harga lebih mahal dari seliter bensin waktu itu dianggap sesuatu yang mustahil. Tapi sekali lagi, ide liar atau gila seperti itu ternyata terbukti merupakan jurus ampuh yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis.

Yg lebih gress, ada Kebab Turki Baba Rafi. Hendi Setiono sang pemilik dengan cerdik dan kreatifitasnya mempopulerkan varian dari burger ini menjadi produk yg laris manis dan sekarang lihatlah pengekornya, kebab sekarang dimana-mana.

Begitulah kreatif adalah faktor kunci sukses bisnis, terutama zaman sekarang yang semua serba cepat, serba praktis, serba instan. menuntut juga kreatifitas di level tertinggi. Hebatnya lagi adalah para pengekor yg begitu cepat menyebar bahkan menyalip pionernya. Membuat pasar lebih cepat jenuh, ingat pisang goreng pontianak ?gak lama setelah yg aslinya booming, cepat sekali bajakannya keluar dan sekarang habis, gulung tikar.

Pasar yg jenuh atau sunset  market adalah momok yg sangat menakutkan buat pemilik usaha, sangat susah recoverinya membutuhkan tenaga dan biaya ekstra untuk keluar dari  lingkaran itu. Dan pemicunya adalah inkreatif atau pengekor, membuat usia pakai sebuah bisnis yg terbilang baru menjadi pendek dan tidak jarang menelan pencetusnya.

Dalam bisnis zaman sekarang inovasi harus terus menerus, bisnis harus tetap segar buat konsumen maupun untuk produsennya, secara reguler harus ada ide kreatif dan inovasi produk. Lihatlah, dulu yg namanya teh botol itu hanya ada sosro dan kemasannya botol. Sekarang, bahkan sosro mengeluarkan teh botol dalam kemasan Pounch.  padahal cuma kemasan saja yg dirubah tanpa merubah isinya.

Perhatikan cara Honda mengeluarkan model baru, hanya body saja dirubah. Dua model motor Honda bisa jadi hanya body saja yg beda, mesinnya yang notabene komponen penting dan paling mahal sama. kalau kita masih memakai paradigma lama jadi lucu, akal-akalan, bahkan lebih ekstrim pembohongan publik. Tapi itulah pasar zaman sekarang, yg penuh kreatif dan inovasi. Untuk bertahan, berkembang mau tidak mau harus ikut tren itu.

Keep “Crazy”

Mukti

terinspirasi oleh : Pecel Lele Lela

terima kasih mas umara, sorry cerita ttg pecel lele lela cuma ide liar saya, gak beneran tuh !

About these ads

Filed under: HOT! News, INSPIRASI, Secangkir Kopi, , ,

14 Responses

  1. Topan mengatakan:

    Haha
    keren oom…

  2. samsudin_citoys mengatakan:

    TOP Banget Gila + Kreatif = keren banget

  3. Oji mengatakan:

    Jadi pengen nyontek bisnis bang unggara nih di kota ane boleh ga ya…he…he..

  4. Qowa mengatakan:

    mas tulisane keren. aku ngopi paste yo…

  5. dani mengatakan:

    sumpah pecel lele lale enk bgd w sampe ketagiahan sumpah enk bgd

  6. dani mengatakan:

    enk bgd pgn lg tpi nga ada duit nya hehehehe

  7. adi mengatakan:

    mas salam sukses….
    saya berminat mau join caranya?
    Jumadi_siahaan@yahoo.com

  8. budi mengatakan:

    boz…bisa gabung usaha???francais??

  9. novi mengatakan:

    Kalau mau join frencise gmana?

  10. waroenklaundry mengatakan:

    FRANCHISE LAUNDRY KILOAN WAROENK LAUNDRY
    Kami adalah perusahaan laundry kiloan yang mendedikasikan seluruh gairah, semangat, dan kecintaan kami pada pelayanan dan service yang memuaskan .
    Kami adalah perusahaan lokal berjiwa muda yang memanfaatkan bahan baku lokal asli Indonesia dan selalu memberikan sentuhan teknologi disetiap pelayanan .
    Kami tawarkan kepada anda yang memiliki keinginan dan kecintaan yang sama dengan kami untuk menjadi mitra kami dan menyongsong kesuksesan bersama .
    Kenapa harus invest di Waroenk Laundry ?
    > Low investment
    > Pasar terbuka lebar
    > Bisnis yang awet
    > Laundry dengan gabungan konsep teknologi & green
    > Perusahaan lokal dengan dedikasi tinggi
    Keunggulan :
    1. Sistem komputerisasi
    2. SATU MESIN SATU PELANGGAN
    3. Satu Hari Jadi
    4. Free delivery service
    5. Pilih wangi sesukamu
    6. Bergaransi apek & hilang
    7. Open 24 hours
    8. Ramah Lingkungan
    9. Teknologi filterisasi
    10. Mencuci sekaligus beramal
    Untuk info lebih lanjut lihat website kami : http://www.waroenklaundry.com
    email kami: waroenklaundry@yahoo.com

  11. Ramadhan hidayat mengatakan:

    Good luck PLL,,
    gokil enk bet lele saos pdang ny!!! ;)

  12. curhatkoe mengatakan:

    Malam ini saya kecewa sekali dengan pelayanan pecel lele lela di rawamangun depan arion mall, saya berdua dengan teman saya,hampir 20 menit kita cuma duduk dengan meja kotor dan penuh dengan makanan,kita sudah memanggil pelayannya tapi mereka cuek2 aja. akhirnya teman saya menghampiri pelayannya dan minta menu serta minta mejanya dibersihin,setelah teman saya ngomong,saya pikir langsung di follow up ternyata mereka cuek2 aja. Huff… pelayanan terbaik dari segi apanya ya?
    Setelah setengah jam berlalu akhirnya si pelayan dateng nganterin menu & ngebersihin meja,kita masih sabar tuh.
    Di pintu masuk datang lagi 2 orang kemudian disusul oleh 1 keluarga kecil yang masuk dengan tujuan untuk makan juga,herannya mereka langsung dilayanin dan makanan datang dengan cepatnya. Sedangkan meja kita, sudah satu jam lebih tanpa makanan apapun. Saya menghampiri kembali pelayannya dan menanyakan mengenai perihal ini, tapi jawaban dari mereka cukup ketus & kita disuruh bersabar untuk menunggu kembali. Haloooo… kita mau nunggu sampe tutup toko supaya dilayanin? kacau…
    Akhirnya dengan sangat kecewa kami ninggalin pecel lele lela. semoga dengan tulisan ini, pelayanan di tempat ini bisa lebih baik, tentunya dengan manajemen pelayanan yang baik pula,jangan sampai akhirnya sama2 merugikan. Setau saya motto pecel lele lela ini adalah “memberikan kenyamanan untuk pelanggannya”, semoga bisa direalisasikan. Terima Kasih

  13. baizuri mengatakan:

    hai rangga umara apa ada pecel lele lela di medan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: