Kreatif & Inovatif

kata kunci kegagalan adalah "HAMPIR", kata kunci motivasi adalah "NANTI", kata kunci sukses adalah "SEKARANG"

Cara Aman Pilih Waxing

wax_okcooldesak – Bulu-bulu halus menggangu di area ketiak, kaki dan tangan? Jangan lantas mencukur habis dan berpikir masalah bulu halus selesai sudah. Ternyata tidak. Sebab, dengan mencukur, resiko terkena iritasi kulit lebih besar. Salah satu cara yang dianggap mujarab adalah waxing. Ini memang teknik baru, tetapi masih banyak yang salah dalam mengartikan waxing dan akhirnya memutuskan untuk di waxing. Karena, sebelum waxing, sebaiknya tahu jenis dan area yang akan di waxing.

Waxing, merupakan teknik membersihkan kulit dari bulu-bulu halus, meski tidak terlalu terlihat, namun banyak wanita yang merasa kurang nyaman bahkan dianggap sebagai penghalang untuk tampil cantik. Waxing bisa dilakukan untuk alis, kumis, ketiak, tangan, kaki, dan paha. Bahkan ada juga waxing untuk mempercantik bagian intim yang sebut dengan waxing bikini line dan brazilian wax


Untuk jenisnya, waxing ada dua, yaitu, hot waxing dan cold waxing. Hot waxing biasanya dilakukan di salon atau di klinik-klinik tertentu dengan menggunakan lilin yang dipanaskan terlebih dahulu. Ada juga hot waxing yang disebut sugaring, yaitu menggunakan gula yang dicairkan sebagai pengganti lilin. Sedangkan cold waxing adalah proses waxing yang tidak membutuhkan prosedur pemanasan terlebih dahulu, biasanya dapat dijumpai di supermarket dalam bentuk tube siap pakai.

Dilakukan Sendiri

Sebenarnya waxing bisa dilakukan sendiri, asalkan Anda tahu kondisi permukaan kulit. Jadi ada baiknya, periksa dulu, apakah kulit mudah terkena iritasi. Jika iya, sebaiknya menunda dulu niat untuk menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh Anda.

Langkah selanjutnya adalah mensterilkan bagian kulit dari luka akibat pencabutan. Caranya mudah saja, bubuhkan pre wax lotion. Dan juga chamomile powder agar minyak pada kulit terserap dan kulit anda terasa nyaman. Dengan bantuan sepatula, berupa alat wax berbentuk kuas, oleskan lem wax tipis sesuai arah tumbuhnya rambut. Tutup dengan lembaran kain khusus, lalu tekan-tekan agar melekat.

Kemudian, dengan gerakan cepat dan berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu, cabut kain penutup secepatnya. Setelah selesai, oleskan celundola lotion atau after wax shothener untuk mengangkat sisa-sisa wax. Bagian tubuh yang selepas mengalami waxing akan berubah warnanya menjadi kemerah-merahan. Untuk mencegah iritasi, oleskan camomile lotion secepatnya.

Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan.

Sesudah waxing, disarankan mengoleskan lotion khusus untuk memperlambat tumbuhnya bulu. Disarankan juga melakukan paraffin treatment agar kulit semakin lembut. Umumnya waxing dilakukan dua minggu sekali bagi yang memiliki bulu-bulu yang lebat. Tetapi bagi yang pertumbuhan bulunya normal, bisa dilakukan 3-4 minggu sekali agar kulit tetap mulus.

Untuk alatnya, ada dua macam alat yang digunakan dalam proses waxing, yaitu waxing pistol dan waxing strip. Waxing pistol menggunakan alat yang menyerupai pistol. Sedangkan waxing strip menggunakan sejenis lotion (foam atau lem khusus) yang di tutup dengan lembaran kain khusus kemudian dicabut.

Tips Before and After Waxing

- Ingat, waxing hanya dapat dilakukan pada kulit dengan panjang bulu maksimal 0,6 cm.

- Gunakan antibiotik berbentuk krim selama 2-3 hari setelah waxing. Fungsinya sebagai pelembab dan menghindari iritasi

- Jika kulit teriritasi akibat waxing, gunakan kain tipis yang direndam dengan susu bubuk dan air dingin, lalu tempelkan10 menit dan diulang beberapa kali. Meski menimbulkan rasa sakit, tapi hasilnya lebih halus dan bersih. Pertumbuhan bulu pun lebih lambat 4-6 minggu.

- Untuk wanita yang memiliki kulit sensitif alangkah baiknya mencoba atau melakukan tes produk terlebih dahulu.
•    Perhatikan jenis lotion, foam atau lem wax yang akan digunakan. Apakah cocok dengan kulit atau tidak. Sebaiknya memilih pola wax yang sesuai dengan kulit (bisa menggunakan foam atau lem wax).
•    Jangan lupa konsultasikan ke dokter kulit sebelum melakukan waxing. (fbr)

Semoga bermanfaat … terutama buat Wanita

Mukti Prayitno

FOLLOW ME IN TWITTER

send me an e-mail

http://ttandem.wordpress.com

http://www.facebook.com/pages/ttandem

Filed under: Healty, ,

One Response

  1. ria mengatakan:

    hmm.. agak ribet ya cara klo mau waxing sendiri, makan waktu, mending ke tempat treatment penghilang bulu yg modern aja kali ya,, lebih cepet dan gk sakit.. gw sih udh pernah nyoba di http://www.zap.co.id

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: